"fiya phyong"

Pengkabelan Jaringan Komputer


Pengkabelan Jaringan Komputer
Perpindahan data atau media transmisi dibagi menjadi 2 yaitu Guided Cable dan Unguided Cable .
Guide Cable di bagi menjadi 3 yaitu:
1. Kabel Fiber Optic / Serat Optik
Kabel Fiber optic adalah sebuah kabel yang terbuat dari serat kaca dengan teknologi canggih dan mempunyai kecepatan transfer data yang lebih cepat daripada kabel biasa, biasanya fiber optic digunakan pada jaringan backbone (Tulang Punggung) karena dibutuhkan kecepatan yang lebih dalam jaringan ini,namun pada saat ini sudah banyak yang menggunakan fiber optic untuk jaringan biasa baik LAN, WAN maupun MAN karena dapat memberikan dampak yang lebih pada kecepatan dan bandwith karena fiber optic ini menggunakan bias cahaya untuk mentransfer data yang melewatinya.
Serat optik adalah saluran transmisi atau sejenis kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya adalah laser atau LED[1]. Kabel ini berdiameter lebih kurang 120 mikrometer. Cahaya yang ada di dalam serat optik tidak keluar karena indeks bias dari kaca lebih besar daripada indeks bias dari udara, karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga sangat bagus digunakan sebagai saluran komunikasi.

Kelebihannya diantaranya adalah:
• Redaman transmisi kecil
• Range frekuensi yang lebar
• Ukuran lebih kecil, simple, dan ringan
• Bebas interferensi elektromagnetik





2. Kabel Coaxial
Kabel coaxial atau popular disebut “coax” terdiri atas konduktor silindris melingkar, yang menggelilingi sebuah kabel tembaga inti yang konduktif.


Kabel coaxial terdiri atas dua kabel yang diselubungi oleh dua tingkat isolasi. Tingkat isolasi pertama adalah yang paling dekat dengan kawat konduktor tembaga. Tingkat pertama ini dilindungi oleh serabut konduktor yang menutup bagian atasnya yang melindungi dari pengaruh elektromagnetik. Sedangkan bagian inti yang digunakan untuk transfer data adalah bagian tengahnya yang selanjutnya ditutup atau dilindungi dengan plastik sebagai pelindung akhir untuk menghindari dari goresan kabel.
Beberapa jenis kabel Coaxial lebih besar dari pada yang lain. Makin besar kabel, makin besar kapasitas datanya, lebih jauh jarak jangkauannya dan tidak begitu sensitif terhadap interferensi listrik.
Kabel coaxial terdiri dari : sebuah konduktor tembaga, lapisan pembungkus dengan sebuah “kawat ground”, sebuah lapisan paling luar.
Kabel ini sering digunakan untuk antena televisi dan transmisi telepon jarak jauh. Konektornya adalah BNC (British Naval Connector). Kabel ini terbagi menjadi 2, yaitu:
- coaxial baseband (kabel 50 ohm) –digunakan untuk transmisi digital.
- coaxial broadband (kabel 75 ohm) –digunakan untuk transmisi analog.
Kabel coaxial terkadang juga digunakan untuk topologi bus, tetapi beberapa produk LAN sudah tidak mendukung koneksi kabel coaxial.






3. Kabel Twisted Pair
Kabel yang sering digunakan dalam jaringan komputer adalah kabel twisted pair. Pengkabelan twisted pair adalah pengkabelan di mana dua konduktor / kabel dipilin bersama-sama. Maksud pilihan itu untuk membatalkan interferensi elektromagnetis1 (EMI) dari sumber yang ada di luar, dan crosstalk dari kabelkabel yang bertetangga. Semakin banyak pilinan, maka semakin rendah efek crosstalk2. Ketika pasangan kabel tidak dipilin, maka satu kabel dapat memiliki posisi lebih dekat dengan EMI dibanding dengan kabel pasangannya, sehingga mengakibatkan perbedaan EMF yang diinduksi. Karena itu kabel twisted pair memiliki twist rate (yang biasanya dihitung dalam satuan banyaknya pilinan per meter).
Ketika anda membeli kabel twisted pair, anda akan menerima sebuah kabel yang mengandung 4 pasang kabel berpilin, sehingga total semuanya adalah 8 kabel. Pasangan-pasangan kabel ini diberi warna, sehingga anda dapat mengidentifikasi kebal yang sama untuk setiap ujungnya. Kategori CAT5 UTP diberi warna solid dan strip (atau saya lebih suka menyebutnya zebra, karena belang seperti kuda zebra). Warnawarna ini disesuaikan dengan skema warna yang ada di asosiasi dunia industri / standar industry telekomunikasi 568B.

Pasangan kabel #1 : Warna Putih/Biru dan Biru
Pasangan kabel #2 : Warna Putih/Jingga dan Jingga
Pasangan kabel #3 : Warna Putih/Hijau dan Hijau
Pasangan kabel #4 : Warna Putih/Cokelat dan Cokelat
Kabel twisted pair dibagi lagi menjadi UTP dan STP.

Kabel Unshielded Twisted Pair (UTP)
UTP adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield (pelindung) internal dari interferensi elektromagnetik. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan. Karena itu kebal ini tidak cocok digunakan di luar ruangan (outdoor) atau di ruangan yang terdapat banyak gangguan elektromagnetis. 1 Gangguan elektromagnetik / Electromagnetif interference / EMI / Radio Frequency interference / RFI). Gangguan elektromagnetik adalah gangguan yang tidak diinginkan dalam sebuah penerimaan radio atau sirkuit elektronik yang diciptakan oleh radiasi elektromagnetik yang dikeluarkan dari sumber luar. Gangguan ini bisa menginterupsi, menghalangi, atau mengakibatkan menurunnya atau membatasi kinerja efektif dari sebuah sirkuit elektronik. Sumber luar ini dapat berupa objek apa saja, baik buatan maupun natural, yang memiliki perubahan arus elektronik secara cepat. Interferensi ini bisa jadi tidak sengaja, tetapi anda harus mewaspadainya.
Contoh paling nyata dalam hal ini adalah ketika HP GSM menerima panggilan, maka suara yang berasal dari speaker di dekatnya dapat mengalami gangguan. 2 Crosstalk adalah suatu kapasitif, induktif atau kupling konduktif dari satu sirkuit, bagian sirkuit, atau kanal ke yang lain. Hal ini menimbulkan suatu fenomena di mana sinyal yang ditransmisikan pada satu sirkuit atau kanal dalam sebuah sistem transmisi menimbulkan efek yang tidak diinginkan dalam sirkuit atau kanal yang lain. Contoh yang nyata dari gangguan ini adalah suara melengking yang tinggi ketika anda berbicara kepada mikrophone di hadapan speakernya. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN) yang berbasis teknologi Ethernet, karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus.






Kabel Shielded Twisted Pair (STP)
STP adalah twisted pair yang dilindungi dari interferensi elektromagnetis dan crosstalk. Karena pelindung ini biasanya terbuat dari metal, maka pelindung ini juga bisa berfungsi sebagai ground. Walau demikian, biasanya sebuah STP memiliki kabel khusus untuk fungsi grounding ini (drain wire). Pelindung ini bias diberikan pada masing-masing pasangan kabel (standar IBM dan jaringan token_ring), atau ke seluruh pasangan kabel (screening). Agar pelindung ini bekerja, maka pelindung harus di-ground-kan.






KATAGORI KABEL TWISTED PAIR
Kategori Kegunaan
Category 1 (Cat1) Kualitas suara analog
Category 2 (Cat2) Transmisi suara digital hingga 4 megabit per detik
Category 3 (Cat3) Transmisi data digital hingga 10 megabit per detik
Category 4 (Cat4) Transmisi data digital hingga 16 megabit per detik
Category 5 (Cat5) Transmisi data digital hingga 100 megabit per detik
Enhanced Category 5 (Cat5e) Transmisi data digital hingga 250 megabit per detik
Category 6 (Cat6)
Category 7 (Cat7)

Kabel UTP Category 1 (Cat1) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah, yang didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja. Kabel Cat1 digunakan sebelum tahun 1983 untukmenghubungkan telefon analog Plain Old Telephone Service (POTS). Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat1 membuatnya kurang sesuai untuk digunakan sebagai kabel untuk mentransmisikan data digital di dalam jaringan komputer, dan karena itulah tidak pernah digunakan untuk tujuan tersebut.

Category 2
Kabel UTP Category 2 (Cat2) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 1 (Cat1), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. Kabel ini dapat mentransmisikan data hingga 4 megabit per detik. Seringnya, kabel ini digunakan untuk menghubungkan node-node dalam jaringan dengan teknologi Token Ring dari IBM. Karakteristik kelistrikan dari kabel Cat2 kurang cocok jika digunakan sebagai kabel jaringan masa kini. Gunakanlah kabel yang memiliki kinerja tinggi seperti Category 3, Category 4, atau Category 5.

Category 3
Kabel UTP Category 3 (Cat3) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 2 (Cat2), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 megabit per detik. Kabel UTP Cat3 menggunakan kawat-kawat tembaga 24-gauge dalam konfigurasi 4 pasang kawat yang dipilin (twisted-pair) yang dilindungi oleh insulasi. Cat3 merupakan kabel yang memiliki kemampuan terendah (jika dilihat dari perkembangan teknologi Ethernet), karena memang hanya mendukung jaringan 10BaseT saja. Seringnya, kabel jenis ini digunakan oleh jaringan IBM Token Ring yang berkecepatan 4 megabit per detik, sebagai pengganti Cat2. Tabel berikut menyebutkan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kabel UTP Category 3 pada beberapa frekuensi. Karakteristik Nilai pada frekuensi 10 MHz Nilai pada frekuensi 16 MHz Attenuation (pelemahan sinyal) 27 dB/1000 kaki 36 dB/1000 kaki Near-end Cross-Talk (NEXT) 26 dB/1000 kaki 23 dB/1000 kaki Resistansi 28.6 Ohm/1000 kaki 28.6 Ohm/1000 kaki Impendansi 100 Ohm (±15%) 100 Ohm (±15%)Kapasitansi 18 picoFarad/kaki 18 picoFarad/kaki

Category 4
Kabel UTP Category 4 (Cat4) adalah kabel UTP dengan kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 3 (Cat3), yang didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga 22-gauge atau 24-gauge dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini dapat mendukung jaringan Ethernet 10BaseT, tapi seringnya digunakan pada jaringan IBM Token Ring 16 megabit per detik.
Tabel berikut menyebutkan beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kabel UTP Category 4 pada beberapa frekuensi. Karakteristik Nilai pada frekuensi 10 MHz Nilai pada frekuensi 20 MHz Attenuation 20 dB/1000 kaki 31 dB/1000 kaki
Near-end Cross-Talk 41 dB/1000 kaki 36 dB/1000 kaki
Resistansi 28.6 Ohm/1000 kaki 28.6 Ohm/1000 kaki
Impendansi 100 Ohm (±15%) 100 Ohm (±15%)
Kapasitansi 18 picoFarad/kaki 18 picoFarad/kaki

Category 5
Kabel UTP Category 5 (Cat5) adalah kabel dengan kualitas transmisi yang jauh lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP Category 4 (Cat4), yang didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 megabit per detik. Kabel ini menggunakan kawat tembaga dalam konfigurasi empat pasang kawat yang dipilin (twisted pair) yang dilindungi oleh insulasi. Kabel ini telah distandardisasi oleh Electronic Industries Alliance (EIA) dan Telecommunication Industry Association (TIA). Kabel Cat5 dapat mendukung jaringan Ethernet (10BaseT), Fast Ethernet (100BaseT), hingga Gigabit Etheret (1000BaseT). Kabel ini adalah kabel paling populer, mengingat kabel serat optik yang lebih baik harganya hampir dua kali lipat lebih mahal dibandingkan dengan kabel Cat5.
Karena memiliki karakteristik kelistrikan yang lebih baik, kabel Cat5 adalah kabel yang disarankan untuk semua instalasi jaringan. Karakteristik Nilai pada frekuensi 10 MHz Nilai pada frekuensi 100 MHz Attenuation 20 dB/1000 kaki 22 dB/1000 kaki Near-end Cross-talk 47 dB/1000 kaki 32.3 dB/1000 kaki Resistansi 28.6 Ohm/1000 kaki 28.6 Ohm/1000 kaki Impendansi 100 Ohm (±15%) 100 Ohm (±15%) Kapasitansi 18 picoFarad/kaki 18 picoFarad/kaki Structural return loss 16 dB 16 dB Delay skew 45 nanodetik/100 meter 45 nanodetik/100 meter

Enhanced Category 5
Kabel ini merupakan versi perbaikan dari kabel UTP Cat5, yang menawarkan kemampuan yang lebih baik dibandingkan dengan Cat5 biasa. Kabel ini mampu mendukung frekuensi hingga 250 MHz, yang direkomendasikan untuk penggunaan dalam jaringan Gigabit Ethernet, meskipun menggunaan kabel UTP Category 6 lebih disarankan untuk mencapai kinerja tertinggi.



Pada saat sekarang, penggunaan kabel yang kurang dari level V atau kategori 5 dinilai tidak bijk. Walaupun secara teknis kategori 5 dan Level V tidaklah sama, pada tulisan ini kita akan menyebutnya sebagai CAT5.

Jack / Konektor (Penghubung)
Konektor yang paling umum dipergunakan dengan kabel twisted pair adalah RJ45. RJ adalah singkatan dari registered jack, dan pengkodean 45 menspesifikasikan skema penomoran.




Crimping Tool
Untuk menghubungkan kabel dengan jack diperlukan sebuah alat yang bernama crimping tools. Alat ini memiliki kemampuan untuk :
1. Membuka jaket kabel
2. Memotong kabel
3. Menjepit kabel ke jack, dan membuat sambungannya permanen




Caranya :
a. Bukalah terlebih dahulu jaket kabel sepanjang kurang lebih 2,5 cm
b. Luruskan ke 8 kabel (usahakan agar kabel yang lurus (tidak berpilin) sependek ungkin)
c. Lihat skema pemasangan kabel ke jack di bawah ini.
Terdapat dua cara menghubungkan kabel ke RJ45
a. Standar T568B (Disebut juga Straight, karena koneksi di kedua ujung sama) Standar biasanya digunakan untuk hubungan antar NIC (Network Interface Card) yang ada di computer dengan konsentrator (Switch / HUB).








b. Standar T568A (Disebut juga Crossover, karena koneksi di kedua ujung berbeda) Standar ini biasa digunakan antar 2 NIC di dua komputer yang berbeda (membentuk jaringan komputer tanpa server / peer-to-peer) atau konsentrator dengan konsentrator lain.










d. Potong ujung kabel (trim) agar lurus)
e. Pastikan bahwa kabel sudah berada di dalam jack dalam posisi yang benar
f. Masukan kabel ke dalam jack (pastikan ada bagian jaket kabel yang masuk sampai maksimal)
g. Kedua ujung kabel harus sampai ke ujung jack. Lihat, di ujung jack, bila terlihat, maka sudah benar.
h. Jepit kabel dengan pisau yang ada pada jack, dengan cara menekan crimping tool, seperti menekan tang.
Untuk kabel cross over, anda hanya perlu merubah kabel transmit menjadi receive, yaitu merubah pin 1 dan 2 di satu ujung ke pin 3 dan 6 di ujung lainnya. Pin 4 & 5 dan 7 & 8 tidak berubah. Sehingga hasil akhirnya seperti berikut ini :
Standard End Crossover End
Pin 1 White/Orange Pin 1 White/Green
Pin 2 Orange Pin 2 Green
Pin 3 White/Green Pin 3 White/Orange
Pin 4 Blue Pin 4 Blue
Pin 5 White/Blue Pin 5 White/Blue
Pin 6 Green Pin 6 Orange
Pin 7 White/Brown Pin 7 White/Brown
Pin 8 Brown Pin 8 Brown
Ketika pasangan kabel cross over akan dimasukkan ke dalam jack, harus terlihat seperti gambar di bawah Ini

TIK SMP Kelas IX (Internet dan Intranet)


A. PENGERTIAN INTERNET DAN INTRANET

1. Intranet
Secara praktis intranet dapat diartikan sebagai bentuk privat dari internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi /perusahaan. Dengan kata lain, intranet merupakan sebuah jaringan privat dengan sistem dan hierarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.

Keuntungan
1. Membantu meningkatkan produktivitas kerja
2. Meningkatkan effisiensi waktu
3. Komunikasi dapat dilakukan secara tepat
4. Kemudahan sistem publikasi web
5. Efektifitas biaya
6. Keseragaman informasi
7. Meningkatkan kerjasama

Kelemahan
1. Perlu pelatihan utuk mendidik anggota
2. Diperlukan tenaga ahli untuk membangun dan mengembangkan internet
3. Kemungkinan untuk mengirim hal yang kurang sopan
4. Informasi yang salah akan segera beredar

2. Internet
Internet singkatan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung, lebih jelasnya adalah gabungan jaringan komputer diseluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global. Dengan katalain internet adalah jaringan komputer network yang membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalui protocol TCP/IP. Didalam internet kita dapat melakukan berbagai kegiatan diantaranya : chating, Email, browsing, download, upload, dan lain sebagainya.

B. FASILITAS-FASILITAS APLIKASI INTERNET

Intenet dimanfaatkan manusia untuk keperluan informasi sesuai fungsinya. Diantaranya adalah untuk E-mail/ Electronic mail (surat elektronik), news group, WWW (World Wide Web ), Mailing list, Gopher, Telnet, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol, Ping dan sebagainya.

1. WWW (World Wide Web)
www adalah sebuah sistem diamana informasi dalam bentuk teks, gambar, suara dan lain-lain dipresentasikan dalam bentuk hypertekt dan dapat diakses oleh perangkat lunak yang disebut browser. Informasi di WEB pada umumnya ditulis dalam format HTML. Informasi lainnya disajikan dalam bentuk grafis (dalam format GIF,JPG, PNG) , suara (dalam format AU,WAV), dan objek multimedia lainnya (seperti MIDI, Shockwave, Quicktime Movie, 3D World). Layanan ini menyediakan informasi yang dapat diakses dan ditampilkan secara langsung dikomputer client, dengan menggunakan protocol HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) dan program aplikasi browser internet.

2. FTP (File Transfer Protocol)
Sesuai namanya layanan ini memang digunakan untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain di internet, dengan konsep client server. Dalam hal ini, sebagai pengguna komputer Client kamu bias mengkopi file yang tersedia pada komputer client, kamu bias mengkopi file yang terseddia pada komputer server di internet menggunakan layanan FTP.

3. E-mail
Fasilitas ini digunakan untuk komunikasi pengguna internet melalui surat elektronik yaitu surat dalam bentuk file yang bias dibuka di komputer. Pengguna internet yang ingin memanfaatkan layanan ini harus mendaftar pada komputer server penyedia layanan email, setelah mendaftar pengguna email akan mendapatkan alamat email yang dapat di akses dengan memasukkan nama pemakai (user name) dan kata sandi (Password). Ada dua jenis E-mail yaitu POP mail dan WEB mail. POP Mail adalah email yang disediakan oleh ISP (Penyedia Jasa Internet), sedangkan WEB mail disediakan oleh website yang ada di internet.

4. Milist(Mailing List)
Mailing List adalah sebuah alamat email yang didalamnya berisi kumpulan alamat email anggotanya. Dengan mengirimkan pesan ke sebuah milist, pesan akan terkirinm ke semua anggota –anggotanya saja yang bias mengirim pesan ke Milist tersebut.

5. VoIP
VoIP merupakan laayanan untuk menelpon melalui internet. Cara ini dapat menghemat interlokal/ international, karena akses internet hanya menggunakan pulsa local.

6. Gopher
Gopher merupakan aplikasi yang digunakan untuk mencari informasi yang ada di internet, namun yang dicari hanya informasi yang berupa teks.

7. TELNET
Telnet merupakan aplikasi internet yang memungkinkan kita bias menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi-informasi yang ada di komputer tersebut. Kita bias menggunakan telnet untuk mengakses komputer lain yang letaknya jauh maupun dekat dengan syarat kita memiliki alamat IP (IP address) dari komputer yang akan di akses (User ID dan password) ke komputer tersebut.

8. Internet Relay Chat (IRC)
IRC merupakan aplikasi internet yang digunakan untuk berdiskusi atau berbincang-bincang dengan pemakai lain (Chatting). Untuk dapat melihat lawan bicara kita memerlukan aat tambahan yang disebut webcam.

9. File Transfer Protocol (FTP)
Fie Transfer Protocol adalah aplikasi internet yang memungkinkan kita bias mengirim dan mengambil data/file dari satu komputer ke komputer yang lain. Dengan fasilitas ini kita bias mengambil file dari sebuah komputer server yang letaknya jauh. Proses pengambilan file dari komputer server ini sering disebut dengan istilah download. Kita juga menggunakan FTP ini untuk memasukkan data/file kekomputer server. Proses memasukkan data/file ke komputer server disebut dengan istilah upload.

10. Ping
Ping merupakan singkatan dari Packet Internet Gopher yaitu suatu program test koneksi yang mingirim suatu paket data kepada host dan menghitung lamanya waktu yang dibutuhkan untuk proses pengiriman tersebu. Dengan fasilitas ini kita bias mengetahui apakah komputer yang sedang digunakan terhubung (terkoneksi) ke internet.


C. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET

Sejarah internet dimulai pada tahun 1969. Saat itu Departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer, sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Tahun 197 ROY Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun sebelumnya untuk internet.
Internet berasal dari impian J.C.R Licklider (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institude Of Technology. Impiannya itu tentang sebuah Galatic network di awal tahun 1960-an yang kemudian terwujud setelah ia bekerja di ARPA (Advance Research Projects Agency). Sampai pada bulan Maret 1990 ARPANET resmi dibubarkan.

D. MANFAAT INTERNET DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
Internet memiliki berbagai macam keunggulan, antara lain, sebagai media atau sarana untuk mendapatkan informasi secara cepat ddan murah melalui fasilitas www; sebagai media untuk melakukan promosi dan penawaran produk bagi perusahaan- perusahaan; sebagai media komunikasi interaktif bagi pengguna fasilitas email, mailing list, chatting, dan lain-lain; dan sebagai media untuk membantu proses belajar secara online.
1. Peranan internet dalam bidang pendidikan
a. Akses ke pakar
Teknologi informasi dan komunikasi menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinkan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar ditempatlain.
b. Akses ke sumber informasi dan perpustakaan online
Contoh-contoh informasi yang tersedia secara online sebagai berikut:
1) Media kerjasama
Kolaborasi atau kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dapat terjadi dengan lebih mudah, efisien, dan lebih mudah.
2) Berbagi hasil penelitian
Internet telah banyak digunakan sebagai sumber informasi untuk menunjang pendidikan. Internet telah dimanfaatkan untuk berbagi hasil-hsil penelitian yang dilakukan di belahan duni berbeda. Hal ini menyebabkan hasil penelitian yang dilakukan oleh seseorang dapat dimanfaatkan orang lain. Hal semacam ini bias mencegah terjadinya penelitian yang sama yang berulang.
3) Diskusi online
Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan menggunakan media internet. Aplikasi diskusi online memungkoinkan para pelajar dapat saling bertukar fikiran tanpa harus berkumpul si suatu tempat.

2. Peranan internet dibidang pemerintahan/ e-government (Electronic gaverment)
Keuntungan kemajuan tik dibidang pemerintah antara lain
a) Meningkatkan layanan kepada masyarakat
b) Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha
c) Tersedia informasi yang mudah diakses oleh masyarakat
d) Berkurangnnya birokrasi yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat

3. Peranan internet dalam bidang usaha
a) Internet Banking
Internet Banking adalah ssalah satu pelayanan jasa Bank yang memungkinkan nasabah untuk memperoleh informs,
b) SMS Banking
SMS Banking
c) E-Commerce
E-Commerceadalah perdagangan yang menggunakan mekanisme elektronik yang ada di jaringan internet. Perkembangan E-Commerce disebabkan oleh factor berikut.
1. E-Commercememiliki kemampuan untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan setiap saat pelanggan dapat mengakses seluruh informasi yang tebaru dan terus menerus.
2. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlansung secara periodik.
3. E-Commerce dapat menciptakan efisiensi yang tinggi, murah serta informative.
4. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat.

4. Peranan internet dalam bidang social
Untuk menanggulangi kemiskinnan di pedesaan, pemerintah berkerjasama dengan UNDP membuat sebuah program yang disebut dengan ICT4PR, yaitu teknologi informasi untuk mengurangi kemiskinan. UNDP melalui program ICT4PR membangun pusat-pusat teknologi informasi dan komunikasi yang disebut dengan telecenter. Manfaat telecenter ini diantaranya sebagai berikut.
a. Sebagai sumber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat
b. Sebagai sarana untuk melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat.
c. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
d. Meningkatkan informasi kesehatan.
e. Mengembangkan perdagangan melalui e-commerce.



E. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF INTERNET
A. Dampak Positif
1. Internet sebagai media komunikasi
2. Internet sebagai media pertukaran data
3. Internet sebagai mesia untuk komunikasi
4. Kemudahan memperoleh informasi
5. Sumber informs yang luas
6. Kemudahan dalam berbisnis
7. Sebagai sumber penghasilan

B. Dampak negatif
1. Pornografi
2. Penipuan
3. Carding (Pemalsuan kartu kredit)
4. Terkena virus komputer

Endah and resna- when you love someone


i love you but it’s not so easy
to make you here with me
i wanna touch and hold you forever
but you’re still in my dream

i can’t stand to wait till night is coming to my life
i still have a time to break a silence

when u love someone
just be brave to say
let you want him to be with you

when you hold your love
don’t ever let it go
or you will loose your turn
to make your dreams come true

i used to hide and watch you from a distance
and you were realized

i was looking for a time to get closer at least to say hello
i can’t stand to wait your love is coming to my life

when u love someone
just be brave to say
let you want him to be with you

when you hold your love
don’t ever let it go
or you will loose your turn
to make your dreams come true

i never felt that i so strong
this taken you and wait so long
when our love is coming wrong
don’t never give up
just through your try to get to love
love will find their way

when u love someone
just be brave to say
let you want him to be with you

when you hold your love
don’t ever let it go
or you will loose your turn
to make your dreams come true

hilary duff - with love


I don't mind you telling me what's been on your mind lately
I don't mind you speaking up
I know sometimes I can be all wrapped up and into me
I can be in such a rush

Just slow me down, slow me down
Tell me, tomorrow, everything will be around
Just slow me down, slow me down
You're the one who keeps me on the ground

[Chorus]
Baby, you can be tough
Say enough is enough
You could even be blunt
Just do it with love, love, love, love
Tell me I'm wrong
That I'm coming on way too strong
Don't think I'll be crushed
Just do it with love, love, love, love

Just do it with love, love, love, love
Just do it with love

I can take your honesty
All your words weigh heavily
Listening to you all the time (all the time)
I wanna be there for you the way you've been there for me
Always help me walk the line (walk the line)

And slow me down, slow me down
I know you will always be around

[Chorus]

All this time we finally know each other
Now that I've been leaning on your shoulder
I can tell you, baby, that
You're right when you're right
You're wrong when you're wrong
And I can be weak 'cause I know you'll be strong

[Chorus:Repeat x2]

Just do it with love, love, love, love
Just do it with love, love, love, love
Just do it with love

Just do it with love

Whitney Houston - I Will Always Love You


If I should stay,
I would only be in your way.
So I'll go, but I know
I'll think of you ev'ry step of the way.

And I will always love you.
I will always love you.
You, my darling you. Hmm.

Bittersweet memories
that is all I'm taking with me.
So, goodbye. Please, don't cry.
We both know I'm not what you, you need.

And I will always love you.
I will always love you.

(Instrumental solo)

I hope life treats you kind
And I hope you have all you've dreamed of.
And I wish to you, joy and happiness.
But above all this, I wish you love.

And I will always love you.
I will always love you.
I will always love you.
I will always love you.
I will always love you.
I, I will always love you.

You, darling, I love you.
Ooh, I'll always, I'll always love you.